Perhatian pemerintah terhadap guru benar-benar patut diacungi jempol. Mengapa demikian? Kebijakan pemerintah tentang pelaksanaan UKA dan UKG yang saat kebijakan ini digulirkan mendapat protes dari berbagai tokoh pendidikan terjawab sudah, saat ini di seluruh LPMP dan P4TK yang ada di bawah naungan kemdikbud sedang menyelenggarakan Diklat pasca-UKA. Diklat ini akan diikuti oleh seluruh guru yang pada waktu pelaksanaan UKA 2012 tidak lulus. Untuk guru SD pelaksanaan diklatnya dilakukan di LPMP sesuai dengan domisili propinsi guru tersebut, dengan demikian ada 33 propinsi yang saat ini sedang menyelenggarakan diklat pasca-UKA. Sedangkan untuk guru SMP, SMA, dan SMK diklat pasca-UKA nya diselenggarakan di P4TK sesuai dengan jurusannya.

Alokasi waktu untuk diklat pasca-UKA adalah 100 jam pelajaran, materi untuk guru SD terdiri dari Bahasa Indonesia, IPA, Matematika,IPS, PPKn, Konsep Dasar Pendidikan SD, dan Pendidikan Karakter. Seluruh materi dibuat oleh BPSDMPMP kemdikbud. Bagi yang menginginkan seluruh materi diklat pasca-UKA dapat didownload di link berikut ini

Selama mengikuti diklat peserta akan dinilai oleh fasilitator dan panitia. Penilaian mencakup nilai sikap, nilaiproses, nilai pretest dan postest serta uji kompetensi akhir.Bagi peserta yang dinyatakan lulus, maka pada tahun 2014 yang akan datang dapat langsung mengikuti PLPG, sedangkan bagi peserta yang tidak lulus akan dilakukan UKA kembali. Semoga saja kebijakan ini dapat meningkatkan wawasan dan kompetensi peserta guru.